BLOGGER TEMPLATES AND Tagged Layouts »

Minggu, 11 November 2012

Ikan Semakin Mengecil Seiring Memanasnya Laut

Hai temen temen, lama nih ngga ngeposting blog, maklum udah kuliah, tugas numpuk, belajar ini itu, mainpun ngga sempet hihi ...
Hmmm, udah tau belum ada kabar kalo Ikan Semakin Mengecil karena Panasnya Suhu Laut. Ini bukan gosip loooh, ini udah buktikan oleh para ilmuwan perikanan di Universitas British Columbia.Gimana bisa yaa?

Menurut Daniel Pauly, kepala peneliti bersama Sea Around Us Project UBC, pertumbuhan ikan dibatasi oleh ketersediaan oksigen. Secara tuh yaa, udara yan panas kan bisa mempengaruhi kadar oksigen. Selama perjalanan hidupnya, ikan menghadapi tantangan yang konstan yaitu: bagaimana caranya dapatkan oksigen yang secukup-cukupnya dari air untuk perumbuhannya. Sejalan dengan ukuran ikan tumbuh semakin besar, tantangan tersebut juga semakin besar. Riset dari tim UBC memprediksi bahwa dengan lautan yang terus memanas dan terus berkurang proses oksigenasinya, ikan akan lebih cepat berhenti tumbuh dari semestinya.

Penelitian ini menegaskan pentingnya manusia untuk menekan laju emisi gas rumah kaca dan membangun strategi untuk memantau dan beradaptasi dengan perubahan alam yang sudah kita rasakan saat ini. Kecuali jika kita mau ambil resiko semakin terganggunya perikanan manusia, ketahanan pangan, dan kinerja ekosistem lautan.

Bumi dan ekosistem sudah didesain akan menyeimbangkan dirinya saat mengalami gangguan. Pada akhirnya sejauh apa kesiapan manusia untuk bertahan dan beradaptasi saat transisi alam tersebut terjadi.
Ini merupakan pekerjaan lintas generasi dan sejauh apa kita peduli dengan lautan dalam 3 dekade kedepan menentukan kesiapan tersebut.



0 komentar: